Tentang Kami, Tahun 2016 Jumlah Peserta Didik Capai 1650

dsfafDi antara tunas-tunas baru pendidikan, di tengah perkembangan dan persaingan sekolah dan madrasah di tanah air, Pondok Assunnah hadir menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat  tentang pentingnya pendidikan bagi generasi muda, khususnya dalam mempelajari agama Islam dengan pemahaman yang benar.

Pondok Pesantren Assunnah diharapkan dapat menjadi corong dakwah Sunnah, sekaligus wadah bagi para penuntut ilmu agama, kemudian menjadi pelopor dan roda penggerak bagi kaum muslimin untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam sesuai dengan pemahaman dan pengamalan para salafussholeh.

Ponpes Assunnah lahir di ujung pulau Lombok, terletak di Desa Bagik Nyaka,  Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, tahun 2004. Berawal dari 15 santri, bermodal semangat, berjalan dengan keterbatasan. Berkat izin Allah Subhanu wa Ta’ala, kemudian dengan semangat  kebersamaan, Ponpes Assunnah terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Hingga di usia yang masih muda, tahun 2016 jumlah peserta didik mencapai 1650 anak, berasal dari wilayah Lombok hingga dari beberapa daerah di Indonesia, seperti: Jakarta, Makasar, Sumbawa, bahkan Nusa Tenggara Timur.

afs

Saat ini, Ponpes Assunnah telah meluluskan ratusan santri yang siap berkompetisi untuk melanjutkan di perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

Perpaduan sistem pendidikan klasikal dan modern yang diterapkan dengan konsep homogen, yakni pemisahan antara pelajar laki-laki dan perempuan, menjadi ciri khusus Pondok Assunnah dalam penerapan disiplin ilmu. Perpaduan antara kurikulum nasional dengan kurikulum pondok menjadi pondasi dasar dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Pondok ini.

whatsapp-image-2016-11-20-at-07-42-42-jpegxb

 

Pondok Assunnah sebagai lembaga pendidikan Islam yang melaksanakan pendidikan yang terpadu,  saat ini menyediakan berbagai tingkat pendidikan yang telah diakui keabasahannya oleh pemerintah pusat, yakni:

  • TK/ Pendidikan Usia Dini.
  • SD Islam Assunnah
  • SMP Islam Assunnah Akreditasi Pendidikan Nasional B
  • SMP Islam Khadijah Akreditasi Pendidikan Nasional B
  • SMA Islam Assunnah dengan Akreditasi Pendidikan Nasional A

 

whatsapp-image-2016-11-20-at-15-25-25Di samping itu, Ma’had Ali sebagai program lanjutan bagi lulusan SMA dan sederajat yang diadakan oleh Pondok Assunnah diharapkan mampu menjadi mesin pencetak para dai muda dan penghafal al-Qur’an. Terdapat 3 program unggulan, yakni: I’dad Duat, I’dad Muhaffidzin, dan I’dad Lughowi.

Dalam upaya penyiapan generasi Islam yang berkualitas, Ponpes Assunnah mendatangkan staf dan tenaga pengajar yang handal: alumni timur tengah, Lipia Jakarta, alumni pondok pesantren terkemuka di Tanah air,  dan alumni dari berbagai perguruan tinggi ternama di dalam negeri.

Sebagai salah satu pondok pesantren yang berkembang di Indonesia, tidak jarang  Pondok Assunnah sering mendapat kunjungan kehormatan dari ulama timur tengah, seperti:

whatsapp-image-2016-11-20-at-bImam dan Khatib masjid Nabawi Syaikh Sholeh bin Muhammad Al-Budair, Syaikh Dr. Utsman Al-Khumais, Syaikh Ali Hasan Al-Halabi, Syaikh Muhammad Musa Alu Nashr, Syaikh Mashur Hasan Salman, Syaikh bin Ied Al-Hilali, Syaikh Prof. Dr. Abdurrozzak bin Abdul Muhsin, Syaikh Prof. Dr. Sulaiman bin Salimullah Arruhaili, Syaikh Prof. Dr. Ibarahim bin Amir Arruhaili dan beberapa masyaikh ternama lainnya serta kunjungan para ustadz terkemuka di Indonesia.

Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar, telah disiapkan kelas yang representatif, dilengkapi dengan LCD proyektor, masjid sebagai pusat ibadah dengan daya tamping hingga 1000 jamaah, perpustakaan luas dengan koleksi buku yang cukup, asrama santri, minimarket santri, lapangan olahraga, taman bermain santri yang memadai, serta berbagai media penunjang kegiatan belajar mengajar lainnya.

Masjid Sulaiman Fauzan Al-Fauzan
Masjid Sulaiman Fauzan Al-Fauzan

Selain KBM di pagi hari, sholat lima waktu secara berjamaah merupakan pioner, aktivitas utama bagi santri sehari-hari. Di samping itu, kegiatan ekstra kelas lainnya seperti; tahfihzul Qur’an, latihan pidato 3 bahasa, kajian ilmiah, hiwar (percakapan) Bahasa Arab, olahraga, pramuka, perlombaan di dalam dan luar sekolah, musabaqah tahfidzul Qur’an,  dan olimpiade Sains menjadi menu tambahan diri bagi santri di Pondok ini.

Program beasiswa bagi santri berprestasi, yatim piatu, dan siswa yang kurang mampu menjadi angin segar yang ditawarkan Pondok Assunnah dalam memompa semangat belajar santri.

faafafKondisi dan lingkungan Pondok Assunnah juga mendapatkan perhatian khusus, dengan system piket petugas keamanan selama 24 jam diharapkan mamapu menjadi Pondok Assunnah sabagai wiyatamnadala yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Pada tahun ini,  Pondok Assunnah membuka kembali kesempatan bagi peserta didik baru tahun ajaran 2017/2018 untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan MA.

Mari bergabung bersama kami sebagai ikhtiar kita untuk menyiapkan generasi yang beriman dan berakhlak mulia, memahami dan mengamalkan ilmu agama berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah, serta maju dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi.  [Tim Assunnah]

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*