PELAJARAN 2: RUKUN-RUKUN ISLAM

RUKUN-RUKUN ISLAM.

 Definisi Islam adalah : berserah diri pada Allah, Sesembahan (Ilah) yang haq, yang berhaq untuk diibadahi dan tunduk padanya dengan taat pada-Nya.

 

Rukun Islam yang Lima.

  1. Persaksian (Syahadat) bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah.
  1. Mendirikan sholat.
  2. Membayar Zakat.
  3. Puasa dibulan Ramadhan
  4. Haji ke Baitullah Al-Haram.

 

Rukun yang pertama. ( Syahadatain ).

 

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Allah Berfirman : “ Dan tidaklah Aku menciptakan Jin dan Manusia kecuali agar mereka menyembah-Ku “. (Adz-Dzariyat 56.)

Firmannya pula :

قُلْ إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

 “ Katakanlah sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Robb semesta alam “.  (Al-An’am 162)

 

Definisi Ibadah adalah: Segala sesuatu yang yang disukai dan diridhoi oleh Allah baik berupa perbuatan, dan ucapan yang nampak dan yang tersembunyi.

 

Syahadat.

Syahadat adalah mengucapkan:

أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمداً رسول الله.

 “ Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi) selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu  utusan Allah.

 

Rukun kedua. (Mendirikan Shalat).

Allah swt Berfirman melalui Ucapan Nabi-Nya Ibrahim:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

“ Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat “.  Ibrahim 40.

Dan Allah berfirman pada Nabinya Musa:

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

Dan dirikanlah sholat untuk mengingat-Ku “.  Thaha 14

Dan Allah Berfirman melalui ucapan Nabi-Nya Isa as:

 وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا

Dan Dia memerintahkan padaku untuk mendirikan shalat dan menunaikan zakat selama aku hidup “.  Maryam 31

Dan Allah memerintahkan pada Nabinya Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam dengan berfirman :

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ

Bacalah apa yang apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat “.  AL-Ankabut 45.

Kemudian Allah memerintahkan pada seluruh kaum Muslimin dengan firman-Nya :

إِنَّ الصَّلاَةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا

Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang  yang beriman “.  An-Nisa’ 103

 

Pentingnya Shalat.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar “. Al-Ankabut 45.

Allah Swt Berfirman :

وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ . أُوْلَئِكَ فِي جَنَّاتٍ مُّكْرَمُونَ

“ Dan orang-orang yang memelihara sholatnya. Mereka itulah berada di sorga –sorga lagi dimuliakan “. Al-Maa’rij 34-35

عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال : فرضت على رسول الله صلى الله عليه وسلم ليلة أسري به الصلاة خمسين ثن نقصت حتى جعلت خمساً ثم نودي : يا محمد : لا يبدل القول لدي ، وإن لك بهذه الخمس خمسين رواه أحمد والترمذي.

Dari Anas bin Malik, ia berkata : “ Diwajibkan shalat itu atas Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam saat Beliau Isro’ itu lima puluh kali, kemudian dikurangi sampai dijadikan lima kali, kemudian Beliau dipanggil “ Ya Muhammad tidak dirubahlah Firman itu disisi-Ku, sesungguhnya bagi kamu shalat yang lima kali ini senilai lima puluh kali “ HR, Ahmad dan Tirmidzi.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال :  قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أرأيتم لو أن نهراً بباب أحدكم يغتسل منه كل يوم خمس مرّات هل يبقى من درنه شيء، قالوا  لا يبقى من درنه شيء، قال: فذلك مثل الصلوات الخمس يمحو الله بهن الخطايا رواه البخاري ومسلم .

Dari Abu Hurairah ra, berkata : Rasululah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda : “ Apa pendapat kalian, jika ada sungai di depan pintu salah seorang dari kalian dan ia mandi disungai itu sehari lima kali, apakah tersisa sesuatu kotoran dari dirinya?, mereka menjawab “ Tidak tersisa sedikit kotoranpun”, Beliau Bersabda : “ Demikianlah perumpamaan Shalat lima waktu itu, Allah telah menghapus dengan shalat itu kesalahan-kesalahan “.  HR Imam Bukhary  dan Muslim.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة من عمله صلاته، فإن صلحت فقد أفلح وأنجح وإن فسدت فقد خاب وخسر. رواه أحمد والترمذي.

Dari Abu Hurairah ra berkata : “  Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda : “ Sesungguhnya amalan pertama yang dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya, jika baik sungguh beruntung dan selamat dan jika rusak sunguh ia telah menyesal dan rugi “. HR Ahmad dan Tirmidzi

عن بريدة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : العهد بيننا وبينكم الصلاة فمن تركها فقد كفر رواه أحمد وأصحاب السنن.

Dari Buraidah, berkata: “ Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Janji yang membatasi antara kami dan mereka (Kafir) adalah shalat, maka barang siapa yang meninggalkannya sungguh  ia telah kufur “. HR Ahmad dan penulis kitab Sunan.

 

Rukun Ketiga. (Menunaikan Zakat)

أَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Allah Ta’ala berfirman: Dan tegakkanlah sholat, tunaikanlah zakat dan taatilah Rasul supaya kalian mendapat rahmat (An Nur:56)

 

Definisi Zakat:

Definisi zakat: shodaqah wajib pada harta dengan syarat-syarat tertentu, diperuntukkan kepada kelompok tertentu, dan pada waktu tertentu.

Faedah Zakat.

  1. Zakat merupakan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebelum segala sesuatu
  2. Zakat membantu kaum fakir dan miskin
  3. Zakat mensucikan manusia dari sifat bakhil dan mengajarkannya sifat derma

Harta Yang Wajib Dizakati.

  1. Emas dan perak (uang tunai)
  2. Barang-barang niaga
  3. Hewan ternak
  4. Biji-bijian dan buah-buahan

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاء وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِّنَ اللّهِ وَاللّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya sedekah itu hanyalah diperuntukkan bagi kaum fakir, miskin, para pekerja zakat (amil), orang-orang yang dilunakkan hatinya (untuk masuk Islam atau supaya mengganggu Islam), budak, orang-orang yang dililit utang, serta Ibnu sabil sebagai kewajiban/ketentuan dari Allah. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (At-Taubah:60)

 

Zakat Fitrah

  1. Satu sha’ (empat ciduk tangan) dari makanan pokok negeri setempat (gandum, beras, dsb)
  2. Zakat fitrah dikeluarkan setiap muslim yang kecil maupun dewasa untuk kaum fakir iskin
  3. Zakat fitrah dikeluarkan sehari atau dua hari sebelum sholat Ied.

 

Rukun Keempat. (Puasa Bulan Romadhon)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Allah Ta’ala berfirman: “ Wahai orang-orang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian supaya kalian bertakwa.” (Al Baqoroh:183)

Defenisi Puasa.

Puasa adalah ibadah kepada Allah dengan menahan makan, minum serta segala hal yang membatalkan puasa semenjak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

 

Keutamaan Puasa.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول لله صلى لله عليه وسلم : قال الله عزّ وجلّ : كُلُّ عَمَل ابنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامُ فَإِنَّهُ ليِ وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ فَإِذَا كَانَ صَوْمُ أَحَدِكُمْ فَلاَ يَرْفُثْ يَوْمَئِذٍ وَلاَ يَصْخَبْ ، فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امرُؤٌ صَائِمٌ والذِي نَفْسُ مُحَمّدٍ بِيَدِهِ لَخَلُوْفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ رِيْحِ المِسْكِ وَلِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ بِفِطْرِهِ، وَإِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ.  رواه البخاري ومسلم .

Dari Abu Hurairah –semoga Allah meridhoinya- berkata: Bersabda Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallamAllah Azza wa Jalla berfirman: semua amal anak Adam adalah buat dirinya kecuali puasa maka ia untuk-Ku dan Akulah yang akan mengganjarnya. Puasa adalah perisai maka jika pada hari salah seorang kalian puasa janganlah ia berkata buruk pada waktu itu dan jangan pula berteriak. Jika seseorang mencelanya atau menyerangnya maka hendaklah ia berkata: sesungguhnya aku sedang puasa. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang puasa lebih harum disisi Allah pada hari kiamat daripada wewangian minyak misk. Bagi orang berpuasa dua kegembiraan yang dia rasakan, apabila berbuka maka ia gembira karena bukanya dan apabila berjumpa dengan Robbnya ia gembira dengan puasanya (HR Bukhari Muslim).

 

Faedah-Faedah Puasa.

  1. Puasa merupakan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebelum segela sesuatu
  2. Puasa melatih orang beriman untuk bertaqwa (merasa diawasi Allah dan takut kepada-Nya dengan mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya)
  3. Puasa mengajarkan kesabaran dan keikhlasan.

 

Hal-hal yang membatalkan Puasa.

  1. Makan, minum atau merokok
  2. hal-hal yang menyerupai makan atau minum
  3. Muntah dengan disengaja
  4. Mengeluarkan darah dalam volume besar
  5. haidh dan Nifas
  6. Sengaja mengeluarkan air mani
  7. Jima’ (bersetubuh)

 

 

Rukun Kelima. (Haji ke Baitullah Al -Haram)

وَلِلّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ الله غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Allah Ta’ala berfirman: Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari alam semesta (Ali Imron:97)

 

Tujuan Dibalik Haji.

عن عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إنما جعل الطواف بالبيت وبين الصفا والمروة ورمي الجمار لإقامة ذكر الله  رواه أبو داود والترمذي .

Dari Aisyah semoga Allah meridhoinya berkata: bersabda Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam: Sesungguhnya thowaf di Bait (Ka’bah), (Sai) antara shofa dan Marwa serta melempar jumroh ditunaikan hanyalah untuk dzikir kepada Allah (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

 

Keutamaan Haji.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله  صلى الله عليه وسلم: من حج فلم يرفث ولم يفسق رجع كيوم ولدته أمه رواه البخاري ومسلم.

Dari Abu Hurairah semoga Allah meridhoinya berkata: Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda: barangsiapa menunaikan haji sedang ia tidak berkata-kata jorok dan tidak mengerjakan perbuatan fasik maka ia kembali seperti hari ketika ia dilahirkan ibunya (HR Bukhari dan Muslim)

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما والحج المبرور ليس له جزاء إلى الجنة رواه البخاري ومسلم

Dari Abu Hurairah semoga Allah meridhoinya berkata: Bersabda Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam: Umrah ke Umrah merupakan kafarat (penghapus) dosa antara keduanya sedang haji mabrur tidak ada balasannya kecuali jannah (HR Bukhari dan Muslim)

 

 

Faedah haji.

  1. haii merupakan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebelum segala hal.
  2. Menampakkan Islam itu mendunia
  3. Mengingatkan hari kiamat.

 

Wallohu waliyyut taufiiq…

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*