Kenapa Laki-laki Kerap Memandang Wanita Lain Lebih Cantik daripada Istrinya?

IMG-20160812-WA0010

Demi menjawab pertanyaan ini, seorang laki-laki mendatangi pakar agama yang terkenal kredibilitas ilmu dan pengalamannya.

Laki-laki itu kemudian mengadu: “Saat diriku terpesona oleh calon istriku, aku melihatnya seakan-akan Allah belum pernah menciptakan wanita secantik dirinya. Namun begitu usai meminangnya, aku melihat ada banyak wanita seperti dirinya. Ketika sudah menikahinya, malah aku melihat banyak wanita yang lebih cantik darinya. Melewati sekian tahun pernikahan kami, aku melihat semua wanita lebih manis daripada istriku.”

Pakar agama: “ Maukah kuberitahu sesuatu yang lebih dahsyat dan lebih pahit?”

Laki-laki: “Ya.”

Pakar agama: “Seandainya semua wanita di jagad raya ini kamu nikahi…niscaya kamu akan melihat ajing-anjing yang tersesat di jalan-jalan raya itu lebih cantik dari semua wanita tersebut.”

Laki-laki: “Kenapa Anda berkata demikian?”

Pakar agama: “Persoalannya bukan pada istrimu. Seseorang bila memiliki sifat playboy, mata keranjang, rasa malunya kepada Allah pasti akan hilang. Orang seperti ini, matanya tidak akan pernah puas sampai ditabur dengan tanah kuburannya.

Saudaraku! Masalahnya adalah karena kamu tidak bisa menundukkan pandangan dari sesuatu yang diharamkan Allah. Sekarang, maukah kamu istrimu kembali lebih cantik dari semua wanita yang ada di dunia ini?”

Laki-laki: “ Ya, mau.”

Pakar agama: “Tundukkan pandanganmu…

(قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ)

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.”[Surat An-Nur 30]

Lumrah terjadi, apa yang bukan milikmu akan selalu tampak lebih indah dan lebih hijau apapun cara mengatasinya…Namun bila kau sudah memilikinya ia akan tampak biasa di matamu. Maka terimalah apa yang sedang kaumiliki dan jangan egois… Jika tidak, maka kamu akan tetap menjulurkan pandangan menerawang dibalik kecantikan dan perhiasan dunia hingga masuk ke liang kubur.

Sebenarnya ada yang lebih lezat dan lebih memikat dari semua ini, yakni beribadah kepada Allah dan beramal saleh. Itulah kenikmatan yang paling lezat bagi orang yang memang hidup karenanya. Dan jangan lupa terus berdoa agar istrimu selalu tampak cantik di matamu juga diberikan rasa cinta kepadanya.”

Jum’at 12 Agustus 2016

[Marwan AM, حفظه الله تعالى وغفر الله لوالديه]

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*