Anda Ingin Solusi? Ketuklah Pintu Ajaib ini

images (23)

Di jaman ini, beragam kesulitan tengah melanda. Orang-orang banyak dirundung nestapa yang tak berkesudahan. Di antara mereka ada yang terlilit hutang yang tak mampu dilunasi, ada yang terbaring di rumah sakit mengharap kesembuhan namun  belum  juga sembuh, ada yang tersesat tak tentu juntrung dan arah, ada yang mengalami musibah, ada yang hilang darinya sesuatu yang dicintai, hingga ada yang sulit mencari sesuap nasi, dan  berbagai kesulitan yang mendera lainnya 

 

Mereka yang tengah terhimpit semua itu pasti ingin sekali mendapatkan solusi, yang berhutang ingin hutangnya terbayar, yang sakit ingin lekas sembuh,  yang tersesat ingin dapat petunjuk, yang hilang darinya sesuatu ingin dikembalikan, dan yang miskin ingin ekonominya membaik. Namun sayangnya, semua keinginan dan harapan tersebut kerap hanya dikeluhkan kepada manusia saja. Maka jawabannya pun bisa ditebak, dan paling-paling diminta bersabar, sedikit di antara mereka mau dan mampu mengulurkan tangan untuk membantu mereka.

Boleh jadi mereka telah melakukan berbagai usaha untuk menemukan solusi atas apa yang menerpa mereka, namun menemui jalan buntu (deadlock). Kalau mau jujur, selama hayat masih dikandung badan, solusi atas kesulitan masih sangat terbuka lebar, hanya saja kita jarang mendatangi orang yang dapat memberikan solusi/jalan keluar tersebut.

Pernahkah kita datang lalu mengetuk pintunya, padahal pintunya terbuka 24 jam? Dan hebatnya kesulitan apapun yang kita keluhkan selalu siap didengarkan, bahkan sangat senang jika mengiba padanya, dan akan diberikan jawaban atas keluhan kita.

Selain itu pemilik pintu ini amat sangat dermawan, maha hidup, tidak tersentuh rasa kantuk, juga tidak pernah tidur, ia selalu memantau dan  mendengarkan percakapan kita, tidak ada yang tersembunyi tentang kita, tentang apa yang kita alami dan lain sebagainya.

Tahukah Anda pintu yang dimaksud? Pintu itu bernama: DOA. Dan tahukah Anda siapa pemiliknya? Pemiliknya sangat mulia, memiliki kasih sayang tak terbatas, super dermawan. Ia sedikit pun tidak pelit, sangat lembut, khazanahnya selalu penuh, sama sekali tidak pernah berkurang. Dia adalah Allah Azza wa Jalla.

Allah Azza wa Jalla adalah tempat mengadunya orang-orang yang ditindih kesulitan, tempat bersandarnya  orang-orang yang dilanda nestapa, tempat segala makhluk meminta dan memohon kebutuhan mereka, tempat komat-kamitnya lisan dengan menyebut namaNya, dan tempat berlabuhnya hati yang tengah retak. Semua pintu bisa tertutup, tapi pintuNya dijamin selalu terbuka untuk siapa saja dan kapan saja.

So, jika Anda tengah dicengkeram oleh kesulitan, dihimpit penderitaan, lekaslah ketuk pintuNya, sebut namaNya, segera kontak diriNya, mintalah pertolonganNya, mintalah agar dibukakan jalan keluar dari kesulitan, dan diberikan pertolongan.

Terus ketuk pintuNya tiada bosan, tunggu jawabanNya, berpraduga baiklah padaNya, mintalah dengan penuh kerendahan, penuh iba dan rintihan, dekat terus dengan pintuNya penuh kekhusyu’an, sebelumnya bersihkan diri, pastikan diri Anda dihadapanNya telah bertaubat, telah berusaha kuat menjauhkan maksiat, dan jangan segan-segan menempelkan kening di bumi merengek padaNya.

Dengan semua itu, jawaban pasti akan diberikan, pertolonganNya segera tiba, jalan keluar itu ada di pelupuk mata. Dengan semua itu, orang-orang yang tengah tenggelam dalam kesulitan pasti akan diselamatkan, orang-orang yang hilang darinya sesuatu pasti akan dikembalikan, orang-orang yang dilanda musibah pasti akan dibebaskan dari musibahnya, orang-orang yang terzalimi pasti akan diberikan keadilan, orang-orang yang tersesat pasti akan diberikan petunjuk, orang-orang yang sakit pasti akan disembuhkan dan orang-orang yang menghadapi marabahaya pasti akan dihindarkan.

 

Bukankah Allah Azza wa Jalla berfirman:

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).” (QS: An-Naml: 62)!?

Bukankah Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS: Al-Baqara: 186)!?

Bukankah Allah Azza wa Jalla berfirman:

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS: Al-Araf: 55)!?

 

 

Senin, 18/01/2016

Marwan Abu Abdil Malik Lc. حفظه الله تعالى

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*