Ini Mesin Pengancur Kebaikan yang Paling Berbahaya

 bunga_makam__imogiri__by_andien2506-d5vmdivBagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam, bulan Sya’ban adalah bulan pelunasan hutang puasa, bulan memperbanyak kebaikan, dan bulan puasa sunnah sebagai ‘latihan/pemanasan’ sebelum memasuki bulan Ramadhan, namun tidak demikian bagi sebagian kaum muslim. Di antara mereka malah di bulan ini banyak mengunjungi makam-makam yang dikeramatkan.
 
Entah atas titah siapa, sejumlah makam di Lombok bak daging dikerubungi lalat, di bulan ini orang-orang berdatangan mengunjunginya, alasan paling klasik dan turun temurun adalah berdoa di makam agar permintaan atau hajatnya segera dikabulkan. Salah satu makam yang dikermatkan dan dijadikan tempat berdoa adalah makam Loang Baloq.
 
Makam yang terletak di Tanjung Karang, Ampenan ini, kerap dijadikan objek wisata religi oleh warga muslim yang berkeyakinan bahwa isi makam dapat membantu memenuhi hajat atau minimal dapat menjadi pengantar doanya kepada Allah.
Menurut info A1 yang saya dapatkan, selain untuk berdoa, pengunjung juga biasanya menggelar berbagai ritual seperti potong rambut balita atau “ngurisang”. Ada banyak hal yang biasanya mereka minta bila sudah berada di hadapan makam tersebut, semisal bernazar, minta jodoh, panjang umur, murah rejeki, dan kesembuhan.
 
Anehnya, saat bernazar, mereka pasti mengikat sesuatu pada akar beringin yang ada di dekat makam. Jika nazar mereka dikabulkan, mereka akan kembali lagi ke tempat itu dan membuka ikatan serta membayar nazar yang sudah disampaikan. Tradisi dan kebiasaan ini disebut dengan Saur Sesangi.
 
Mendengar hal ini, timbul pertanyaan, bukankah orang-orang seperti ini dahulu ditegur oleh Allah dalam firmannya.
 
أَلَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ ۚ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَىٰ إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ
 
“Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik).
 
Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): “Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”.
 
Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.” [Surat Az-Zumar 3].
 
 
Kabarnya, para pengunjung adalah orang-orang yang getol bersholawat, getol berzikir dan getol mengaku paling dekat dengan Allah Azza wa jalla dan paling cinta Nabi shallallahu ‘alaihi wasalam. Jika demikian kenapa mereka tidak langsung memohon kepada Allah Azza wa Jalla.
 
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
 
“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.”[Surat Ghafir 60]
 
Bila tidak, ruku’ sujud mereka yang panjang, zikir mereka yang banyak, sholawat mereka yang menggema (sampai mengganggu orang tidur), akan luluhlantah menjadi anai yang berterbangan alias sia-sia, akibat syirik yang mereka lakukan pada setiap makam yang mereka kunjungi. Ingat, syirik adalah mesin penghancur kebaikan paling berbahaya.
 
 
Semoga bermanfaat!
 
 
Silent Room, Juma’t, 13/5/16
Marwan AM, حفظه الله تعالى ورعاه
 
 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*